Jumat, 01 Januari 2010

Pandeglang Butuh Tambahan Dokter

Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten membutuhkan tambahan tenaga dokter terutama untuk ditempatkan pada pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).

"Daerah ini butuh tambahan dokter untuk ditempatkan di Puskesmas. Belum semua Puskesmas yang ada di daerah ini memiliki tenaga dokter," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Iskandar di Pandeglang, Kamis (17/12).

Menurut dia, di Kabupaten Pandeglang saat ini terdapat 30 Puskesmas dan enam Puskesmas perawatan yang tersebar di 35 kecamatan di daerah ini. Setiap Puskesmas idealnya memiliki satu orang dokter, namun itu belum bisa dilakukan karena tenaga dokter masih kurang.

Iskandar mengaku mengambil kebijakan untuk merangkapkan satu dokter menangani dua Puskesmas yang letaknya berdekatan sehingga pelayanan kesehatan pada masyarakat bisa tetap maksimal. "Kekurangan itu disiasati dengan menugaskan satu dokter menangani dua Puskesmas, tentunya dibantu tenaga medis lain yang sudah ada pada masing-masing pusat pelayanan kesehatan itu," ujarnya kepada “Antara”.

Ia mengatakan dokter yang bertugas di Puskesmas Kecamatan Mandalawangi juga diminta untuk menangani Puskemas Jipuat dan yang di Puskesmas Pulosari merangkap tugas di Puskesmas Cipeucang. "Pola tanggung jawab rangkap dua Puskesmas bagi seorang dokter itu selama ini berjalan cukup efektif, walapun ke depan satu Puskesmas harus satu orang dokter," ujarnya. (A-147)***


Sumber :

http://www.pikiran-rakyat.com/index.php?mib=news.detail&id=116603

17 Desember 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar