Jumat, 01 Januari 2010

Geliat Proyek Tambang Emas Cibaliung Diteruskan

Sebanyak 25 orang Calon Miner Angkatan IV, PT. Cibaliung Sumberdaya dilepas keberangkatanya ke Sawah Lunto, oleh,Direktur Utama, Ir. Djunjungan Sinambela MM, turut hadir Komisaris Utama PT. CSD dan Direktur Operasi ANTAM Tbk, Winardi, Jajaran Direksi PT. CSD, Kepala Disnaker Pandeglang, Nur Fauzan, Distamben Pandeglang, Pusdiklat PPTMB, Camat Cibaliung Mustandri., Muspika Kec. Cimanggu serta tokoh masyarakat. Diklat di Sawah Lunto untuk memberikan pelatihan sistem penambangan bawah tanah, dan pengoperasian peralatan tambang, peserta diklat akan dilatih selama 3 minggu, seluruh calon Miner/ ahli tambang yang dikirim adalah putra-putra daerah dari Kec. Cimanggu – Cibaliung dan Cikeusik.

Proyek Tambang Emas Cibaliung, merupakan salah satu Proyek Tambang Emas di Kab. Pandeglang, dimana kepemilikan sahamnya dimiliki 100% oleh ANTAM tbk, setelah proses pengalihan kepemilikan saham dilakukan pada bulan Juli 2009, pengoperasian Tambang Emas Cibaliung dilakukan oleh PT. Cibaliung Sumberdaya.

Status proyek Tambang Emas Cibaliung pada saat ini menurut Ir. Eko Warman, selaku Direktur Operasi, adalah tahapan Konstruksi dan Development, meneruskan kembali pembangunan Terowongan – Menyelesaikan pembangunan Pabrik dan Fasilitas penampung Limbah (TSF). Kondisi saat ini, sebanyak 520 tenaga kerja , baik Karyawan perusahaan dan Kontraktor, dengan komposisi karyawan, 70% tenaga kerja dari sekitar Proyek dan 30% tenaga kerja dari luar proyek, untuk mendukung kegiatan penyelesaian pembangunan Proyek Tambang Emas Cibaliung, yang diharapakan bisa berproduksi untuk menghasilkan emas direncanakan pada pertengahan tahun, Juli tahun 2010, demikian menurut Eko Sugiyo Saputro, selaku Direktur SDM dan Keuangan.

Proyek Tambang Emas Cibaliung, sudah berjalan dari tahun 1996, kemudian pada tahun 2005 menyelesaikan tahapan Study Kelayakan yang kemudian dilanjutkan ke tahap pembangunan infrastruktur, Pabrik Pengolahan, Terowongan dan Pembangunan Fasilitas penampung Limbah (TSF), seiringan dengan kemajuan proyek, terdapat beberapa kendala dalam penyelesaian pembangunan proyek, faktor utama adalah masalah kesulitan pembiayaan proyek, dimana pada bulan November Tahun 2008, kegiatan perusahaan hanya difokuskan pada tahap Perawatan dan Pemeliharaan, sampai kemudian pada bulan Juli 2009, disepakatinya proses pengalihan kepemilikan Saham kepada Antam tbk.

Cadangan bijih yang tersedia untuk ditambang diperkirakan berumur selama 6 tahun atau sampai tahun 2016, dari 2 daerah urat Bijih yaitu Cikoneng dan Cibitung, dengan rencana target produksi per tahun sebesar 220,000 ton bijih. Untuk menambah cadangan bijih, pada saat sekarang ini, sedang dilakukan kegiatan pemboran disekitar areal tambang, sehingga proyek tambang emas Cibaliung diharapkan dapat berjalan lebih lama, aman dan berwawasan Lingkungan demikian menurut Direktur Utama, Ir. Djunjungan Sinambela MM. Selain itu, PT. Cibaliung Sumberdaya, menurut Ir. Haris Yusuf, juga membantu perbaikan jalan dan pengaspalan di kampung Cisantri, Citeluk dan Tanjakan Tongeret, serta rencana pembangunan MCK di 3 kampung di sekitar lokasi proyek, kegiatan ini melibatkan masyarkat setempat (Muhid).


Sumber :

http://e-banten.com/v2/geliat-proyek-tambang-emas-cibaliung-diteruskan.html

15 November 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar